Masya Allah! Kopi Disebut Minuman Penguat Sholat dan Disukai Rasulullah SAW

Jakarta – Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu mengusir kantuk. Bahkan dalam Islam kopi juga disebut minuman penguat sholat karena kopi bantu Muslim tetap terjaga saat melakukan sholat malam.

Kopi merupakan minuman tinggi kafein yang selalu dipercaya berkhasiat untuk meningkatkan energi secara instan. Kopi banyak diminum orang
dewasa saat pagi hari guna mendapat lonjakan energi untuk membantu aktivitas yang akan dijalankan.

Efek kopi dengan kandungan kafeinnya yang tinggi juga dikatakan dapat menjaga tubuh agar tak cepat mengantuk. Efek kafein tersebut sangat
dibutuhkan untuk mereka yang masih terpaksa harus terjaga di malam hari.

Ternyata efek mampu menahan kantuk yang ada pada kopi ini juga berguna untuk membantu tubuh tetap segar saat menjalani ibadah malam. Misalnya seperti solat malam atau qiyamullail, tadarus, hingga berdoa dari sepertiga malam hingga subuh.

Istilah kopi yang berasal dari bahasa Belanda yaitu Koffie ternyata juga cukup dekat dengan kebudayaan Islam. Bahkan kopi pernah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW hingga beliau memberikan doa khusus yang ditujukan untuk para peminum kopi.

Mengutip unggahan akun Instagram @indonesiabertauhid (8/9), dalam kebudayaan Arab itu sendiri, kopi berasal dari kata ‘qahwah’ atau
dikenal juga dengan istilah ‘kahveh’ dalam bahasa Turki. Bahasa ini dianggap bersumber dari Ethiopia dimana tanaman ini berasal dan dikenal sebagai ‘kaffa’.

Sumber dari Turki mencatat penemuan kopi pada tahun 1258 ketika seorang syeikh bernama Umar yang memakan biji kopi karena kelaparan. Ternyata manfaat kopi sendiri tercantum dalam kitab Al-Qanun fi al-tib yang ditulis oleh Ibnu Sina, ilmuwan Islam terkenal kelahiran Persia.

Kopi Bantu Jaga Fokus Saat Ibadah Malam

Ibnu Sina menyebutkan bahwa kopi bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Kandungan mineral dan nutrisi yang ada pada kopi juga dikatakan dapat membantu membuat kulit menjadi tampak lebih bersih dan menjaga kelembaban kulit secara alami.

Bukan hanya mengonsumsinya secara langsung, aroma kopi sendiri sudah memiliki manfaat yang sangat menguntungkan. Aroma yang dikeluarkan oleh biji maupun bubuk kopi dikatakan dapat menjaga stimulus pada kesehatan tubuh dan pikiran.

Menurut kitab medis al-Qanun fi al-Tibb yang ditulis pada abad ke-10, Ibnu Sina mengungkapkan bahwa kopi juga sangat berkhasiat untuk menjaga fokus pikiran. Manfaat tersebut yang kemudian membuat kopi direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika ingin melakukan ibadah malam.

Kisah Jamaah Haji yang Mempopulerkan Kopi

Kopi ternyata juga dipopulerkan oleh para jamaah haji ke seluruh dunia. Menurut Abdul Qadir al-Jaziri pada Umdat Al Safwa tahun 1587, meningkatkan popularitas kopi di Mekkah disebabkan oleh jamaah haji yang meramaikan kedai-kedai kopi di Mekkah.

Sejak abad ke-15 popularitas kopi oleh jamaah haji semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh diperlukannya fokus dan ketenangan pikiran
bagi jamaah haji untuk menjalankan ibadah haji secara tenang dan urut.

Menurut Abdul Qadir al-Jaziri juga kedai-kedai kopi di masa lampau banyak dimanfaatkan sebagai tempat pertemuan publik. Orang-orang yang datang ke kedai kopi ini akan berkumpul, mengobrol, hingga bertukar pikiran dan berbagi pendapatnya tentang berbagai macam hal yang sedang terjadi.

Bahkan pada saat itu, kedai kopi dikenal sebagai tempat berkumpulnya para cendekiawan Muslim dan penulis dari tanah Arab. Namun berkembangnya pemikiran di kedai-kedai kopi ini membuat kopi sempat dituduh sebagai akar permasalahan rusaknya tatanan politik masyarakat.

Secangkir kopi.Foto: thinkstock
Rasulullah SAW Menyukai Kopi

Fadhilatusy Syaikh Al Allamah Abdurrahman bin Nashir As Sa’diy Rahimahullah bahkan menjadikan kopi sebagai penguatnya saat menjalankan solat malam. Beliau akan terbangun di sepertiga malam dan menjalani ibadah malam mulai dari sholat, tadarus hingga berdoa sambil menunggu waktu subuh tiba. Menurutnya, cara ini dilakukan agar membuatnya lebih berenergi dan bersemangat saat menjalankan sholat malamnya.

Dalam literatur tasawuf para sufi juga disebutkan bahwa Rasulullah SAW juga suka minum kopi dan selalu membaca doa khusus saat meminum kopi dan untuk para peminum kopi.

“Ya Allah, jadikanlah kopi yang saya teguk sebagai cahaya bagi penglihatanku, kesehatan bagi badanku, penawar hatiku, obat bagi segala penyakit, duhai zat yang Maha Kuat dan Maha teguh… kemudian membaca bismillahirrahmanirrahim,” begitu doa Rasulullah yang tertulis
dalam literatur tasawuf.

Sumber : (Diah Afrilian – detikFood)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *