5 Makanan dalam Alquran Ini Bantu Atasi Gangguan Pernapasan

Diah Afrilian – detikFood

Jakarta – Alquran menyebutkan banyak makanan sehat dan bermanfaat. Seperti makanan yang bersifat antiinflamasi untuk atasi gangguan pernapasan ini.

Tidak hanya memuat hal-hal yang harus dilakukan dan dihindari oleh umat Muslim, Alquran juga menjelaskan berbagai khasiat makanan. Banyak sekali buah dan rempah yang disebutkan dalam Alquran karena manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan.

Beberapa buah dan rempah bahkan diketahui memiliki komponen antiinflmasi yang dapat meredakan infeksi dan gangguan pada pernapasan. Makanan yang disebutkan dalam Alquran ini secara medis juga diakui sangat bermanfaat, terutama pada masa pandemi Covid-19.

Coronavirus yang menyerang pernapasan perlu diatasi dengan makanan-makanan yang dapat meredakan gangguan pernapasan. Komponen antiinflamasi dalam makanan menjadi salah satu yang dibutuhkan untuk meredakan infeksinya.

Berikut ini 5 makanan dalam Alquran yang bisa membantu atasi gangguan pernapasan:
jus delima untuk kanker prostat
1. Delima

Buah delima mengandung flavonoid dan antioksidan yang memiliki peran sebagai antiinflamasi. Kedua zat yang ada di dalam buah delima tersebut dikatakan dapat membantu memaksimalkan kinerja paru-paru.

Selain melindungi paru-paru, buah delima juga dapat membantu menekan pertumbuhan sel-sel kanker dan membuang racun sehingga akan melindungi paru-paru dan saluran pernapasan. Nutrisi delima juga mampu membantu atasi penyembuhan pasien kanker paru-paru.

Buah delima ini bahkan disebutkan sebanyak tiga kali dalam Alquran yaitu pada surat Al-An’am ayat 99 dan 141 serta pada surat Ar-Rahman ayat 68. Dalam sebuah hadist, buah delima dikatakan sebagai buah dari surga.

“Tidaklah buah delima yang ada pada kalian sekarang ini, melainkan sebahagian daripada buah delima dari surga,” HR. Al-Dzabi.

Baca juga: 5 Makanan dalam Alquran dan Sunnah Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

2. Jintan Hitam

Jintan hitam merupakan rempah yang dijuluki sebagai rahasia kesehatan dari tanah Arab. Manfaatnya sudah dibuktikan ilmuwan kesehatan arab, Ibnu Sina, sebagai pengobatan alternatif untuk sesak nafas dan asma.

Rempah yang punya nama lain habbatussauda ini juga diakui sebagai tanaman herbal yang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang kompleks. Mulai dari bronkhitis, flu, batuk, flu babi serta sesak nafas yang banyak dialami oleh pasien Covid-19.

Jintan hitam juga memiliki sifatantibakteri danantivirus yang sangat baik untuk membasmi virus penyebab hepatitis C,HIV, flu dan banyak lagi. Infeksi pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus juga sangat baik diatasi dengan cara mengonsumsihabbatussauda atau jintan hitam secara rutin.

3. Anggur
anggur dan aprikot

Warna ungu pada anggur menunjukkan kandungan flavonoid dan antioksidan yang tinggi. Hal ini juga menandakan anggur memiliki manfaat antiinflamasi yang sangat baik. Pada zat flavonoid dalam anggur juga terkandung komponen yang bernama narigin.

Bukan hanya gangguan pernapasan, anggur juga memiliki manfaat untuk mencegah tumbuhnya tumor pada paru-paru. Mengonsumsi anggur sebagai camilan yang lebih sehat juga sangat disarankan oleh para ahli untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Bahkan manfaat anggur sendiri juga disebutkan langsung dalam ayat Alquran. “Dari buah kurma dan anggur, kamu membuat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang mengerti,” (QS Al-Nahl ayat 67)

4. Jahe

Jahe memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri yang sangat baik untuk melawan infeksi virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Terutama pada saluran pernapasan, mengonsumsi teh jahe bahkan dikatakan sebagai cara terbaik untuk melegakan saluran pernapasan.

Tak hanya virus dan bakteri yang mengganggu paru-paru, jahe juga bisa membantu membersihkan nikotin yang ada dalam paru-paru perokok. Jahe dianggap sebagai rempah yang berasal dari surga yang tidak hanya bermanfaat bagi saluran pernapasan tetapi juga bagi imunitas tubuh.

Pengakuan jahe sebagai minuman surga ini bahkan juga secara langsung dijelaskan pada ayat Alquran. “Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe,” (QS: Al Insan: 17).

5. Zaitun
olive tree branch dipped in bowl of olive oil

Manfaat buah zaitun disebutkan berkali-kali dalam Alquran. Mulai dari surat An-Nuur, Al-An’am, An-Nahl, Al-Mu’minun serta Abasa. Hal ini dikarenakan buah zaitun memiliki manfaat yang sangat banyak.

Buah zaitun memiliki kandungan senyawa organik seperti zat besi, serta, tembaga, vitamin E, senyawa fenolik, asam oleat hingga berbagai macam antioksidan. Tingginya kandungan antioksidan dalam buah zaitun juga menjadi alasan yang membuat zaitun dapat melawan infeksi virus dan bakteri.

Dianggap sebagai buah yang diberkahi Allah SWT., bahkan pada salah satu ayat Alquran Allah SWT melalui firmannya pernah bersumpah demi buah zaitun. “Demi buah tin, buah zaitun, bukit Sinai dan negeri yang aman ini,” (QS. At-Tin ayat 1-3).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *