5 Obat Batuk COVID Alami untuk Pasien Isoman di Rumah

Ardela Nabila-Viva.co.id

VIVA – Batuk merupakan salah satu gejala COVID-19 paling umum yang dirasakan ketika seseorang terinfeksi virus Corona. Saat isolasi mandiri, terdapat sejumlah obat batuk COVID yang bisa dibuat di rumah untuk membantu meredakan gejalanya.

Umumnya, batuk yang dialami oleh pasien saat terinfeksi virus Corona adalah batuk kering. Selain menyebabkan rasa sakit pada tenggorokan, batuk kering juga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Dikutip dari laman Medical News Today, batuk kering merupakan gejala umum yang dirasakan oleh 60-70 persen pasien pada masa awal terinfeksi virus SARS-CoV-2. Namun, ada juga kondisi lain yang menyebabkan batuk kering, seperti:

  • Asma 
  • Fibrosis paru idiopatik (IPF)
  • Penyakit refluks gastroesofagus (gangguan pencernaan kronis)
  • Infeksi saluran pernapasan atas
  • Kanker paru-paru.

Pada pasien COVID-19, batuk tersebut biasanya akan diikuti oleh sejumlah gejala lainnya, yakni:

  • Sakit kepala
  • Nyeri sendi dan otot
  • Sakit tenggorokan
  • Pilek
  • Diare
  • Mual atau muntah
  • Kesulitan bernapas.

Berdasarkan ketentuan yang berlaku saat ini di Indonesia, pasien COVID-19 bergejala ringan diimbau untuk melakukan perawatan dengan menjalani isolasi mandiri di rumah. 

Apabila Anda terinfeksi COVID-19 dan mengalami gejala ringan berupa batuk, maka Anda bisa mencoba sejumlah obat batuk yang bisa dibuat di rumah untuk meredakan rasa tidak nyamannya.

Berikut ini 5 obat batuk COVID alami yang bisa dicoba di rumah untuk mengatasi gejala ringan virus Corona.

1. Teh madu

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa madu terbukti meredakan batuk. Untuk merasakan manfaat madu saat mengalami batuk akibat COVID-19, Anda bisa mencampurkan dua sendok teh madu dengan air hangat dan teh herbal. Aduk campuran tersebut hingga rata dan minum dua kali sehari.

2. Jahe

Jahe bisa membantu meredakan batuk kering dan batuk akibat asma. Sebab, jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang juga bisa meredakan rasa mual dan nyeri. Sebuah studi menunjukkan, senyawa anti-inflamasi pada jahe terbukti bisa membuat membran dalam saluran hidung menjadi lebih rileks.

Untuk mencobanya, campurkan 20-40 gram irisan jahe ke dalam air panas. Aduk dan diamkan sebentar selama beberapa menit sebelum diminum. Agar rasanya lebih enak, Anda juga bisa menambahkan madu atau perasan lemon.

3. Air putih

Air putih juga bisa berfungsi sebagai obat batuk COVID alami, lho. Anda bisa rutin meminum air putih dalam sehari agar tubuh dan tenggorokan tetap terhidrasi. Sehingga, rasa tidak nyaman akibat batuk kering bisa berkurang.

4. Teh hangat

Teh hangat atau minuman hangat lainnya juga bisa diminum dengan rutin agar saluran penapasan bisa tetap terhidrasi. Selain itu, rasa hangat pada teh juga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan yang bisa mengurangi rasa tidak nyaman.

5. Berkumur air garam

Berkumur air garam merupakan cara sederhana lainnya untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan saat terinfeksi COVID-19. Sebab, air garam bisa mengurangi dahak dan lendir pada tenggorokan.

Untuk mencoba obat batuk COVID yang satu ini, Anda bisa mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat hingga larut. Sebelum digunakan untuk berkumur, pastikan air campuran tersebut sudah dingin. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari hingga batuk mereda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *