10 Jurusan yang Paling Dicari 2021 dan Besaran Gajinya

Fahri Zulfikar – detikEdu

Jakarta – Memilih jurusan kuliah tentu bukan hal sembarangan. Perlu adanya pertimbangan salah satunya peluang kerja dan besaran gajinya.

Dikutip dari situs mydegreeguide.com, terdapat beberapa jurusan perguruan tinggi yang potensial untuk pekerjaan di masa depan. Berikut ini 10 jurusan yang paling dicari beserta besaran gaji yang didapatkan

10 jurusan kuliah paling dicari dan gajinya

1. Teknik Perminyakan

Teknik Perminyakan bisa menjadi salah satu jurusan yang paling jarang diketahui namun bermanfaat bagi generasi mendatang.

Dengan kondisi pasar perminyakan sangat kompetitif, maka imbalan finansial atau gaji untuk lulusan jurusan di bidang ini bisa sangat tinggi mencapai angka 20-an juta Rupiah. Bahkan untuk di luar negeri bisa mencapai ratusan juta.

2. Fisika

Fisika menjadi salah satu jurusan yang paling diminati karena dapat membuka banyak pintu bagi lulusannya. Bahkan dapat menyebabkan seseorang melanjutkan pendidikan dan bekerja di fasilitas penelitian.

Lulusan fisika biasanya dapat menemukan pekerjaan sebagai insinyur di berbagai sektor atau dalam peran potensial bekerja di bidang akademis dan penelitian. Oleh karena itu, gaji untuk lulusan fisika di luar negeri bisa mencapai ratusan juta Rupiah.

3. Ilmu Komputer

Seolah tak pernah sepi peminat, jurusan Ilmu Komputer menjadi salah satu jurusan perguruan tinggi paling populer di bidang teknologi untuk tahun 2021.

Permintaan pasar untuk lulusan Ilmu Komputer pun terus berkembang, dan ada peluang kerja di masa depan yang terus terbuka dari perusahaan hingga organisasi nirlaba. Di luar negeri lulusan ilmu komputer bisa digaji mencapai puluhan juta Rupiah.

4. Jurusan Kimia

Meski bagi sebagai orang jurusan kimia adalah jurusan yang sulit, namun jika melihat jenjang karir lulusan kimia mungkin banyak orang akan tergiur.

Sebagai salah satu jenis ilmu yang paling populer di bidang sains, lulusan kimia dibutuhkan di berbagai sektor dengan gaji tertinggi mencapai puluhan juta Rupiah.

5. Ekonomi

Gelar bisnis masih menjadi favorit untuk jurusan yang paling dicari. Memilih jurusan kuliah di bidang Ekonomi juga merupakan cara terbaik untuk memanfaatkan permintaan kondisi saat ini.

Kuliah di jurusan ini tidak hanya akan memberi banyak pengetahuan tentang ekonomi dan keuangan secara umum, tetapi juga akan mempertajam keterampilan analisis data dan keterampilan yang berguna.

Lulusan Ekonomi bisa sangat dibutuhkan dari masa ke masa. Karena itu banyak perusahaan yang berani memberi gaji hingga puluhan juta Rupiah.

6. Teknologi Informasi

Ketika dunia menjadi lebih bergantung pada teknologi, memilih jurusan teknologi informasi menjadi sesuatu hal yang sangat menguntungkan.

Lulusan teknologi informasi dapat membuka pintu bagi banyak pekerjaan seperti di bidang pemrograman, keamanan siber, dan pengembangan perangkat lunak. Lulusan jurusan ini bisa digaji hingga puluhan juta Rupiah.

7. Desain Game

Ada sebuah pilihan jurusan yang unik dan bisa jadi menarik bagi para gamer yakni jurusan desain game.

Desain Game adalah jenis jurusan yang terbilang baru dan semakin populer karena permintaan di industri terus meningkat. Lulusan desain game bisa digaji puluhan hingga ratusan juta Rupiah.

8. Teknik Mesin

Sejalan dengan kemajuan teknologi, jurusan teknik mesin menjadi salah satu jurusan yang paling dibutuhkan di masa depan. Karena banyak dibutuhkan, lulusan teknik mesin bisa digaji hingga ratusan juta Rupiah.

9. Teknik Sipil

Jurusan teknik juga menjadi salah satu jurusan yang paling diminati dan dicari para calon mahasiswa. Lulusan dengan pekerjaan utama ini bidang pembangunan jalan raya, bandara, saluran pembuangan, dan berbagai bangunan dan struktur publik lainnya bisa digaji puluhan hingga ratusan ribu Rupiah.

10. Administrasi Publik

Tak hanya jurusan ilmiah, teknik, dan bisnis saja, jurusan administrasi publik juga menjadi salah satu yang paling cepat berkembang di seluruh dunia.

Hal ini dikarenakan semakin banyak orang muda yang terlibat sehingga kebutuhan akan peran administrasi publik terus berkembang. Lulusan jurusan ini di luar negeri bisa digaji hingga ratusan juta rupiah.

Nah, setelah mengetahui jurusan yang paling banyak dicari dan digaji besar, jangan lupa detikers juga perlu memperhatikan perguruan tingginya. Peluang akan lebih besar jika seseorang lulus di perguruan tinggi paling favorit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *