10 Makanan Sehat yang Jadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Riska Fitria – detikFood

Jakarta – Pola hidup yang sehat tak pernah lepas dari pola makan yang sehat pula. Kamu bisa memilih beberapa makan sehat yang menjadi favorit Nabi Muhammad SAW ini.

Baru-baru ini viral sebuah video yang membuat semua orang kesal, terutama kaum Muslim. Dalam video tersebut memperlihatkan sekelompoK pemuda tengah mabuk-mabukan sambil berucap, ‘Nabi Muhammad juga suka mabuk,’.

Hal itu adalah kesalahan besar. Sebagai seorang Nabi, beliau selalu memberikan contoh yang baik untuk umatnya. Begitupun dengan makanan dan minuman yang dipilih dalam kesehariannya.

Beberapa makanan sehat yang menjadi favorit Nabi Muhammad SAW bahkan tertulis jelas dalam Al-Quran. Makanan tersebut dianggap bermanfaat bagi tubuh manusia karena mengandung banyak nutrisi.

Dilansir dari Parhlo (20/06/17) berikut 10 makanan favorit Nabi Muhammad SAW:

1. Jali-jali
Barley

Barley atau jali-jali adalah sejenis biji-bijian.Rosulullah SAW sangat menyukai jali-jali. Biasanya jali-jali diolah dalam bentuk sup hangat.

Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa jali-jali sangat penting untuk manusia. Biji-bijian yang satu ini kaya akan karbohidrat dan nutrisi lainnya. Mengonsumsi jali-jali dapat mengatasi demam.

2. Kurma

Sudah banyak yang tahu bahwa kurma merupakan makanan favorit Nabi Muhammad SAW. Kurma banyak tumbuh di Arab Saudi bahkan memiliki banyak jenis. Biasanya Nabi Muhammad akan makan kurma setiap hari.

Kurma merupakan sumber energi, gula, dan serat yang baik. Di dalamnya juga mengandung mineral penting seperti kalsium, zat besi, potassium, magnesium zink dan lainnya.

3. Buah Tin
buah tin

Buah tin menjadi salah satu buat yang dipercaya suci dan istimewa. Bahkan buah tersebut disebutkan dalam Al Quran dalam surat At Tin. Dan buah ini juga merupakan kesukaan Nabi Muhammad SAW.

Khasiatnya juga telah dibuktikan lewat ilmiah. Buah ini baik untuk mengatasi sembelit danambeien. Nabi Muhammad SAW menyebut buah ini sebagai buah surga.

4. Anggur
jenis anggur

Buah anggur terdapat kandungan nutrisi seperti karbohidrat, potasium, vitamin C, vitamin K, magnesium dan tembaga. Anggur berkhasiat untuk mencegah radikal bebas, risiko kanker hingga meningkatkan daya ingat.

Karena khasiatnya, membuat Nabi Muhammad SAW menyukai buah anggur. Buah ini dapat berperan untuk memurnikan darah, memberikan kekuatan dan menyehatkan ginjal dan menjernihkannya dari penyakit.

5. Madu

Madu bisa dijadikan obat untuk banyak orang. Hal tersebut pun dimanfaatkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk membuat tubuhnya sehat.

Biasanya madu diolah dengan cara dicampur air panas. Racikan tersebut bisa menyembuhkan diare. Bisa juga dicampur dengan merica dan jahe untuk mengatasi batuk dan lendir.

6. Susu
Rasulullah SAW Suka Minum Susu Kambing

Susu juga merupakan minuman khasiat karena merupakan sumber energi yang utama. Nabi Muhammad SAW pun sangat suka minum susu. Nabi Muhammad SAW berkata, “Susu menghapus panas dari hatimu, seperti menyeka keringat darialismu,”.

Nabi Muhammad SAW sendiri menyukai susu kambing. Kandungan kalium pada susu kambing lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Kandungan tersebut dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

7. Jamur
jamur truffle gratis

Nabi Muhammad SAW menyukai jamur tepatnya truffle. Jamur truffle memiliki kandungan karbohidrat, protein dan serat. Selain itu, juga mengandung vitamin C, fosfor, sodium, kalium dan lainnya.

Menurut sabda Nabi Muhammad SAW, jamur berfungsi sebagai obat untuk mata. Selain itu, jamur juga dapat bertindak sebagai sumber pengendalian kelahiran jika diperlukan.

8. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak khasiat. Itu karena di dalamnya banyak mengandung antioksidan dan mengandung lemak jenuh tunggal. Minyak zaitun juga memiliki sifat antibakteri.

Khasiatnya dapat mengurangi risiko kanker, mencegah stroke, melindungi kesehatan jantung dan mencegah obesitas.

Nabi Muhammad SAW pun mengandalkannya untuk kesehatan kulit dan rambut. Nabi Muhammad SAW berkata, “Minyak zaitun sangat baik untuk menunda penuaan dan berfungsi untuk mengatasi perut yang panas,”.

9. Delima
Sliced pomegranate on cutting board with knife and whole pomegranate behind.  Shot with shallow focus on sliced fruit.

Buah delima kaya akan nutrisi. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin C, antioksidan, serat hingga agen antiradang. Khasiatnya dapat meredakan nyeri sendi hingga menurunkan tekanan darah.

Sesuai sabda Nabi Muhammad SAW, buah delima dapat membersihkan jiwa manusia dari semua kejahatan, setidaknya selama 40 hari. Selain itu, buah delima juga disebut sebagai salah satu buah termanis dalam hierarkinya.

10. Melon

Selain rasanya yang manis, buah melon baik untuk kesehatan terutama untuk kaum wanita. Nabi Muhammad SAW berkata, “Tidak ada wanita yang makan melon saat hamil akan gagal saat melahirkan anak yang berakhlak mulia,”.

Hal itu juga telah dibuktikan secara ilmiah. Melon mengandung vitamin B6 yang mendukung pertumbuhan tulang belakang janin. Mengonsumsi buah melon juga dapat menghidrasi tubuh karena di dalamnya terdapat kandungan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *