Penuh Kisah Pilu, 3 Drama Korea Ini Terinspirasi dari Kisah Nyata

diaan_acil – femaledaily.com

Bosan dengan cerita drakor yang fiksi? Ini dai tiga drama Korea yang terinspirasi dari kisah nyata. Dijamin tiga drama Korea ini akan bikin kalian nangis di setiap episodenya!

Move to Heaven (2021)

Drama terbaru yang bisa disaksikan di Netflix ini, diperankan oleh Tang Joon Sang (Geu Ru) dan Lee Je Hoon (Sang Gu). Termasuk drama yang bisa dibilang segar dari segi cerita, karena memperlihatkan pekerja professional penghapus trauma orang meninggal. Ternyata, penulis drama ini menyebut jika kisah dramanya diambil dari buku berjudul Things Left Behind, yang ditulis oleh Kim Sae Byul.

Kim Sae Byul mendirikan perusahaan bernama Bio Hazard yang menawarkan jasa bersih-bersih rumah, setelah seseorang dibunuh, bunuh diri, ataupun kematian tanpa pengawasan. Namun, kisah nyata nggak berhenti di Kim Sae Byul saja. Ada elemen kisah nyata lainnya yang dikemas sebagai puncak konflik paling menyedihkan. Yakni ketika Papa Geu Ru terkena musibah runtuhan mall, ketika sedang beli sepatu untuk Sang Gu di masa lalu.

Seperti cerita aslinya. Sampoong Department Store menjadi salah satu mall paling populer di Seoul pada tahun 90an. Mall tersebut roboh dan menelan korban jiwa, sebanyak 502 orang meninggal dunia dan lebih dari 1.500 orang terjebak di dalam reruntuhan. Insiden ini pun tercatat dalam sejarah dunia, ambruknya gedung paling mematikan.

Taxi Driver (2021)

Baru bisa ditonton di Viu, Taxi Driver sukses meraup rating lebih dari 14 persen. Nggak heran, karena aksi Lee Je Hoon (Kim Doo Gi) bisa dibilang sangat maskulin tapi juga barbar.  Nggak sekadar mencari penumpang biasa, ia juga menerima penumpang dengan berbagai masalah hidup. Kim Doo Gi terlihat memiliki tekad kuat untuk menyalurkan pembalasan dendam setiap orang yang dapat perlakuan jahat dari orang lain. Baginya, proses hukum cukup rumit apabila diikuti perlahan. Sehingga hadir taksi pelangi untuk memproses kejahatan tanpa hukum.

Drama Taxi Driver ini memuat berbagai konflik dari cerita setiap pelanggan. Ternyata ada beberapa kasus yang diangkat dari kisah nyata. Seperti kasus CEO U Data yang ada dalam drama. Seorang CEO WeDisk, Yang Jinho ditangkap atas kasus kekerasan dan penyalahgunaan narkoba. Selain itu, di video Yang Jinho juga memperlihatkan terdapat pelecehan mantan karyawannya, yang menampar wajah hingga berulang kali.

Kasus lain juga terdapat pada episode akhir, yang menceritakan seorang pelanggan taksi yang kecewa karena dirinya dijadikan sebagai kambing hitam dalam dakwaan pembunuhan berantai. Hal ini juga terjadi dalam kehidupan nyata, di mana pelaku pembunuhan berantai Hwaseong yang fenomenal di Korea Selatan. Baru mengakui perbuatannya setelah dikurung dipenjara.

Extracurricular (2020)

Serial original Netflix ini mengusung tema kenakalan remaja yang sangat dark. Drama yang diperankan Kim Dong Hee, Park Joo Hyun, Nam Yoon Soo dan Jung Da Bin ini ternyata diangkat dari kisah nyata sang penulis. Jin Han Sae, membeberkan bahwa alur cerita drama ini berdasarkan pengalaman saat masih sekolah di New Zealand.

Ia pernah melihat seorang anak menjual rokok ke teman demi mendapatkan uang dan bertahan hidup. Sejak saat itu, Han Sae mulai mengumpulkan berita mengenai kenakalan remaja, dan memutuskan untuk menulis naskahnya. Namun, ternyata drama underated ini cukup menarik karena beberapa kasusnya juga serupa dengan kejadian Nth Room, yang sempat viral di media sosial, dan menghebohkan publik internasional.

Cukup banyak drama yang diangkat dari kisah nyata. Namun kurang lebih masih seputar pembunuhan berantai Hwaseong dan juga runtuhnya Mall Sampoong. Sementara untuk drama kolosal, lebih banyak menceritakan kisah nyata kerajaan pada jaman dulu.

Kalau Indonesia bikin serial dengan inspirasi kisah nyata. Kira-kira kisah apa sih yang kamu kepikiran ingin diangkat?

Foto : Netflix & Asianwiki 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *