Buat yang Ingin Nangis, Ini 5 Rekomendasi Filim Korea Paling Sedih dan Menyentuh

Dian Aprilia – beautynesia.id

Setiap orang memiliki selera tontonan yang berbeda-beda. Ada yang menyukai film-film thriller, horor, romantis, komedi, dan menyentuh/sedih. Orang yang menyukai film-film sedih dan menyentuh biasanya merasa puas dan menikmati perasaan sedih yang muncul saat melihat film tersebut.

Selain itu, menonton film sedih juga bisa memberikan manfaat kesehatan lho. Berdasarkan penelitian ahli psikologi dari University of Oxford, Robin Dunbar diketahui bahwa kepedihan emosional setelah menonton tragedi bisa memicu pelepasan endorfin. Endorfin adalah hormon yang dihasilkan otak dan saraf guna menghilangkan stres dan juga meredakan rasa sakit. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 rekomendasi film Korea yang paling sedih dan menyentuh:

Kim Ji Young, Born 1982

Film yang dibintangi oleh Gong Yoo ini mengisahkan perjuangan seorang wanita yang menjadi ibu rumah tangga. Dikisahkan Ji Young harus merelakan segala hal yang dicintainya saat menikah dan memiliki anak. Mulai dari pekerjaan, kehidupan sosial dan kebahagiaannya sendiri. Tanpa disadari, Ji Young mengalami perubahan psikis dan mengalami depresi. Sang suami kemudian meminta Ji Young untuk menjalani pemeriksaan ke psikolog.

Birthday

Film ini berkisah tentang kesedihan keluarga usai anaknya tewas dalam tragedi kapal Sewol. Sang ibu tidak bisa menerima kepergian putranya yang tiba-tiba tersebut. Ia terlihat sangat terpuruk dan kehilangan hingga tak bisa lagi tersenyum dan jadi lebih sensitif. Sementara sang ayah, dihantui rasa bersalah yang teramat besar karena tak bisa mendampingi keluarga saat sang anak meninggal. Sedangkan sang adik menjadi trauma bermain dalam kubangan air atau kolam.

The Preparation

Film ini mengisahkan tentang perjuangan seorang ibu merawat anaknya yang berusia 30 tahun dan mengalami gangguan mental. Suatu ketika, sang ibu didiagnosis mengidap kanker yang mematikan. Alhasil ia berusaha untuk menyiapkan dan melatih anaknya agar bisa hidup mandiri usai kepergiannya.

Canola

Film ini berkisah tentang seorang nenek dan cucu perempuannya. Keduanya hanya tinggal berdua di sebuah desa, sebab orang tua sang cucu telah meninggal dunia. Hingga suatu ketika sang cucu tiba-tiba menghilang dan meninggalkan sang nenek sendirian. Namun setelah bertahun-tahun lamanya cucu itu mendatangi sang nenek dan mengacaukan kehidupannya. 

My Annoying Brother

Film berikutnya berkisah tentang kehidupan seorang kakak beradik yang kurang akur. Meski begitu, keduanya saling menyayangi dan mendukung satu sama lain. Sang adik yang merupakan atlet Judo nasional mengalami kebutaan, sementara sang kakak sadar hidupnya tak akan lama karena penyakit kanker. Ia berusaha untuk memanfaatkan waktu yang tersisa dengan sebaik mungkin dengan menunjukkan kasih sayangnya kepada sang adik dan berupaya untuk menjamin masa depan sang adik.

My Brilliant Life

Terakhir, film ini berkisah tentang perjuangan orang tua saat merawat sang anak yang mengidap Progeria Syndrome. Penyakit ini membuat sang anak menunjukkan tanda-tanda penuaan lebih cepat dari usianya. Hingga suatu ketika sang anak didiagnosis tidak bisa bertahan hidup lebih lama lagi. Orang tuanya tak terima dengan diagnosis tersebut dan berusaha mati-matian mengumpulkan dana untuk pengobatan sang anak.

Itulah deretan film Korea yang bikin sedih dan juga menyentuh, siapkan tisu sebelum menonton ya. Happy watching!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *