7 Makanan yang Sehat Dikonsumsi untuk Membuat Perasaan Tetap Gembira

Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com – Konsumsi makanan bisa sangat mempengaruhi berbagai hal pada seseorang. Hal ini termasuk bisa mempengaruhi mood yang dimiliki seseorang.

Memiliki mood yang lebih gembira ini sungguh sangat penting terutama ketika kita menghadapi masa pandemi seperti ini. Salah satu makanan yang kerap menjadi pilihan adalah comfort food yang kita sukai.

Walau begitu, selain comfort food kita, sejumlah makanan juga bisa berdampak meningkatkan mood. Beragam makanan ini bisa membantu mental lebih ceria dan siap melawan stres.

Selain baik bagi mental, sejumlah makanan ini juga mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah makanan yang bisa membantu membuat hati menjadi gembira.

Makanan Kaya Omega-3

Omega-3 bisa ditemui pada ikan seperti salmon, herring, dan sarden. Ikan ini mengandung asam dokosaheksaenoik atau DHA yang bisa bermanfaat terhadap kesehatan mental. Kandungan ini bisa membantu meringankan depresi dan meningkatkan mood.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan folat yang sangat penting untuk produksi serotonin. Kurangnya konsumsi folat bisa meningkatkan risiko depresi, menimbulkan kelelahan, serta ingatan yang buruk.

Probiotik

Probiotik tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan namun juga menghilangkan perasaan negatif. Makanan ini bisa meringankan depresi dan meningkatkan kesehatan mental.

Biji-Bijian

Biji-bijian terutama dari gandum memiliki kandungan karbohidrat yang bisa membantu meningkatkan serotonin. Kanadungan ini bisa sangat membantu meringankan dan meningkatkan mental.

Makanan Tinggi Vitamin D

Vitamin D diketahui bermanfaat terhadap kesehatan tulang dan kekebalan tubuh. Namun diketahui bahwa ekurangan vitamin D bisa menurunkan mood dan menurunnya ingatan pada orang usia tua. Kandungan ini bisa diperoleh dari sinar matahari, ikan berlemak, telur, serta dari suplemen.

Cokelat Hitam

Ketika dikonsumsi dalam jumlah tepat, cokelat hitam tak hanya bisa meningkatkan mood. Cokelat ini juga membantu dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol, serta meningkatkan kognisi.

Teh dan Kopi

Seperti diketahui, kedua minuman ini bisa membantu dalam meningkatkan mood. Selain itu, minuman ini juga bisa menghilangkan risiko depresi dan membuat hati menjadi tenang.

Deretan makanan dan minuman tersebut bisa sangat membantu dalam meningkatkan mood serta membuat hati menjadi gembira. Pada kondisi seperti sekarang, makanan dan minuman tersebut bisa jadi sangat membantu untuk mengatasi perasaan lelah dan sumpek yang kamu alami. [RWP]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *